[ ]
Latest News Updates
Candi Muara Takus
Rabu, 18 Juli 2012 Posted by Setara Indonesia

Candi Muara Takus ini terletak di Desa Muara Takus, Kecamatan XIII Koto Kampar atau jaraknya kurang lebih 135 Km dari Kota Pekanbaru. Jarak antara kompleks candi ini dengan pusat Desa Muara Takus sekitar 2,5 Km dan tidak jauh dari pinggir Sungai Kampar Kanan. Kompleks candi ini dikelilingi tembok berukuran 74 x 74 meter, di luar arealnya terdapat pula tembok tanah berukuran 1,5 x 1,5 Km yang mengelilingi kompleks ini sampai ke pinggir Sungai Kampar Kanan.

Di dalam kompleks ini terdapat pula bangunan candi Tua, candi Bungsu dan Mahligai Stupa serta Palangka. Bahan bangunan candi terdiri dari batu pasir, batu sungai dan batu bata. Menurut sumber tempatan, batu bata untuk bangunan ini dibuat di Desa Pongkai, sebuah desa yang terletak di sebelah hilir kompleks candi. Bekas galian tanah untuk batu bata itu sampai saat ini dianggap sebagai tempat yang sangat dihormati penduduk. Untuk membawa batu bata ke tempat candi, dilakukan secara beranting dari tangan ke tangan. Cerita ini walaupun belum pasti kebenarannya memberikan gambaran bahwa pembangunan candi itu secara bergotong-royong dan dilakukan oleh orang ramai. Selain dari candi Tua, candi Bungsu, Mahligai Stupa dan Palangka, di dalam kompleks candi ini ditemukan pula gundukan yang diperkirakan sebagai tempat pembakaran tulang manusia. 

Di luar kompleks ini terdapat pula bangunan-bangunan (bekas) yang terbuat dari batu bata, yang belum dapat dipastikan jenis bangunannya. Kompleks candi Muara Takus, satu-satunya peninggalan sejarah yang berbentuk candi di Riau. Candi yang bersifat Budhistis ini merupakan bukti pernahnya agama Budha berkembang di kawasan ini beberapa abad yang silam. Kendatipun demikian, para pakar purbakala belum dapat menentukan secara pasti kapan candi ini didirikan. Ada yang mengatakan abad kesebelas, ada yang mengatakan abad keempat, abad ketujuh, abad kesembilan dan sebagainya. Tapi yang jelas kompleks candi ini merupakan peninggalan sejarah masa silam.

Setara Indonesia

Thanks for your visit..!

0 komentar for "Candi Muara Takus"

Leave a reply

Label

Bengkalis (6) Event (1) Kampar (2) Paket Tour (1) Rokan Hilir (1) Siak (1) Visa (1)